Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya

Momen gaya merupakan besaran yang dipengaruhi oleh gaya dan lengan kuasa atau lengan torsi. Lengan torsi sebuah gaya didefinisikan sebagai panjang garis yang ditarik di titik sumbu rotasi sampai memotong tegak lurus garis kerja gaya. Coba perhatikan gambar di atas, untuk memutar baut diperlukan lengan kuasa d dan gaya F. Momen gaya didefiniskan sebagai hasil kali silang antara lengan gaya d dan gaya F, atau 

τ = d x F

Sedangkan besar momen gaya didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja dengan lengan yang saling tegak lurus. Bagaimana jika membutuhkan sudut tertentu (α)? Besarnya dapat memenuhi persamaan berikut.

τ = d . sin α . F

atau 

τ = d F sin α

Gaya dorong F diberikan pada kunci dengan membentuk sudut α terhadap arah mendatar. Semakin besar gaya yang diberikan, semakin cepat baut itu berputar. Semakin besar jarak baut dari tempat gaya bekerja, maka semakin besar momen gaya sehingga baut tersebut lebih mudah berputar. 




Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya


Dua orang anak menaiki jungkat jungkit. Anak A masanya 32 kg menaiki jungkat jungkit sebelah kanan dengan jarak 2 m dari titik tumpu, sedangkan anak B masanya 38 kg menaiki sebelah kiri yang jaraknya 1,8 m dari titik tumpu. Jika kita anggap percepatan gravitasi di lokasi tersebut adalah 10 m/s2, berapa torsi masing masing anak? Berapa torsi totalnya? Ke mana arah putaran jungkat jungkit? 


Penyelesaian: 




Jika kita misalkan anak A yang bermassa 32 kg mengakibatkan torsi A (τA) dan anak B bermassa 38 kg menyebabkan torsi B (τB) maka: 


τA = d.F = d.w = dmg 

τA = (2 m)(32 kg)(10 m/s2) 

τA = 640 kgm2/s2 

τB = d.F = d.w = dmg 

τB = (1,6 m)(38 kg) (10 m/s2) 

τB = 608 kgm2/s2 


Torsi pada anak A akan membuat jungkat jungkit bergerak berlawanan arah jarum jam maka torsinya bernilai positif, sedangkan torsi pada anak B membuat jungkat-jungkit bergerak searah jarum jam maka torsinya bernilai negatif. Maka besar torsi total adalah : 

Τtotal = τA – τB 

Τtotal = (640 kgm2/s2) – (608 kgm2/s2) 

Τtotal = 32 kgm2/s2 

Karena nilai total torsinya positif maka arah putarannya berlawanan arah jarum jam.


( sumber : https://mafia.mafiaol.com/2014/01/pengertian-dan-contoh-soal-momen-gaya-torsi.html )





Itulah beberapa contoh soal mengenai torsi untuk anda pelajari. Anda dapat memperbesar dan memperluas pengetahuan anda dengan mempelajari dan mengerjakan kembali soal - soal yang ada di atas. Dengan demikian, pemahaman anda akan terus meningkat. Selamat Belajar !!

0 Response to "Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel