Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan

Rekonsiliasi Bank secara sederhana dapat diartikan sebagai proses penyesuaian informasi catatan kas menurut perusahaan dan menurut bank.

Bank secara berkala mengirimkan statement berupa laporan rekening koran yang bersisi informasi tentang seluruh transaksi penyetoran maupun pengambilan oleh nasabah/ perusahaan selama periode tertentu serta dilengkapi dengan bukti chek untuk bukti pelengkap.
kedua bukti tersebut maka perusahaan akan dapat mengetahui apabila terjadi kekeliruan atau kesalahan pencatatan yang mengakibatkan perbedaan catatan menurut bank dan perusahaan.


Rekonsiliasi laporan bank perlu dilakukan untuk mengecek ketelitian pencatatan dalam rekening kas dan catatan bank, selain itu untuk mengetahui jumlah penerimaan ataupun pengeluaran yang belum tercatat oleh perusahaan.

Jika terdapat perbedaan yang dihasilkan karena ada suatu transaksi yang belum tercatat bank maka catatan perusahaan dianggap benar, dan sebaliknya jika catatan karena perbedaan pos-pos lain maka perlu disesuaikan antara catatan perusahaan dan catatan menurut bank.


Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan

Bank ARTHA per tanggal 31 Desember mengeluarkan rekening koran yang ditujujan kepada PT. BIMA yang menunjukan saldo sebesar Rp.1.550.000,-. 

Jika dibandingkan dengan saldo kas di bank yang tercatat dibuku besar PT. BIMA nampak perbedaan saldo yaitu menunjukan jumlah sebesar Rp.1.035.000,-.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata perbedaan yang terjadi disebabkan karena adanya transaksi-transaksi sebgai berikut : 

  • Kirim uang dari langganan untuk pelunansan utangnya sebesar Rp.750.000,- 
  • Setoran dalam perjalanan Deposit In Transit sejumlah Rp.2.500.000,- 
  • Cek yang ditarik PT. BIMA senilai Rp.815.000,- untuk dicairkan ke bak sudah dicatat dalam pembukuan perusahaan. Namun nyatanya belum diuangkan ke Bank oleh pegawai PT. BIMA karena suatu hal. 
  • Adanya Wesel tagih yang ditagihkan melalui Bank ARTHA telah dapat tertagih dan dikreditkan dalam rekening PT BIMA sebesar Rp.500.000,- 
  • Setoran dana dari PT. BIMA ke bank dibukuka sebesar Rp.1.250.000,- namun belum disetorkan oleh pihak perusahaan. 
  • Sebuah cek dari pelanggan yang di kliringkan ke bank dengan nominal sebesar Rp.825.000,- ternyata kosong.
  • Kesalahan bank pada saat mencatat pembukuan atas transaksi penarikan dana melalui cek yang ditarik PT. BINTANG pada rekening PT. BIMA sebesar Rp.525.000,- 
Cek-cek yang sudah ditarik PT. BIMA sebagai berikut : 


Ternyata belum diuangkan oleh penerima cek tersebut.

  • Bank teleh mendebit rekening PT. BIMA untuk beban cetak buku cetak sebesar Rp.100.000,- 
  • Bank mencatat dalam posisi kredit di rekening PT. BIMA, perihal pendapatan jasa giro bulan Agustus 2017 sebesar Rp.250.000,-
  • Adanya beban administrasi bank yang telah dicatat oleh bank sebesar Rp.50.000 namun oleh PT. BIMA belum dicatat. 
Dari data di atas buatlah : 

Buatlah Rekonsiliasi bank PT. BIMA pada tanggal 31 Desember 2017 untuk menemukan saldo yang benar. 
Buatlah jurnal penyesuaian untuk mencatat transaksi yang terjadi pada PT. BIMA. 

Dibawah ini adalah laporan rekonsiliasi



Dan dibawah ini adalah jurnal penyesuaiannya



( sumber : https://akuntanonline.com/contoh-soal-rekonsiliasi-bank/ )




Itulah beberapa contoh soal mengenai rekonsiliasi bank untuk anda pelajari. Anda dapat memperbesar dan memperluas pengetahuan anda dengan mempelajari dan mengerjakan kembali soal - soal yang ada di atas. Dengan demikian, pemahaman anda akan terus meningkat. Selamat Belajar !!

0 Response to "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel